Oleh : SULASTRI, S.Pd
STAF PENGAJAR SMAN 19 TEBO
MAHASISWA S2 UNDHARI
Fokus global, pendidikan- Pendidikan Nasional adalah suatu sistem besar, yang mengayomi keseluruhan sistem pendidikan secara nasional, dan pendidikan sekolah merupakan salah satu sistem yang berada di bawahnya.
Sebagai sebuah sistem, pendidikan sekolah terdiri atas berbagai unsur yang saling terkait dan saling mempengaruhi (Suparlan dkk, 2008). Pendidikan sekolah memang dapat dilihat dari salah satu sudut pandang, misalnya sekolah dapat dilihat dari kepala sekolah yang memimpin sekolah itu, atau dari pendidiknya, visi dan misi sekolah, bahkan dapat juga tergambar dari kegiatan peserta didiknya. Wajah sekolah secara keseluruhan akan dapat dikenali dari semua komponen yang terdapat di sekolah itu.
Dari keseluruhan komponen pendidikan sekolah, proses pembelajaran di sekolah merupakan inti dari proses penyelenggaraan sekolah secara keseluruhan.
Guru merupakan salah satu komponen perantara yang dapat mewujudkan keberhasilan dalam bidang pendidikan pada setiap tingkat satuan pendidikan dan setiap bidang mata pelajaran yang dilakukan dengan proses pembelajaran yang dilakukan guru pada setiap unit pendidikan. Selain guru, orang tua dan lingkungan keluarga juga mempunyai andil yang cukup berpengaruh.
Secara terinci, Menurut Slameto (2003) faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah:
“ Terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri seperti rendahnya minat dan keinginan untuk belajar, motivasi atau dorongan bagi peserta didik untuk menguasai dan memahami materi yang diberikan guru.
Sedangkan factor ekternal terdiri dari latar belakang pendidikan, lingkungan dan saran prasarana yaitu semua perlengkapan yang tersedia yang dapat menunjang proses belajar mengajar dan penerapan metode pengajaran yang ditetapkan guru”.
Kedua factor internal dan eksternal tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik supaya lebih optimal. Tak jarang faktor eksternal mempunyai pengaruh yang lebih besar bagi peserta didik dalam belajarnya.
Keluarga yang merupakan lingkungan terdekat bagi peserta didik dalam memulai aktivitasnya, tentu juga memiliki andil yang cukup besar bagi peserta didik. Perbedaan latar belakang lingkungan keluarga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Hal ini terlihat dari kondisi peserta didik yang berada dilingkungan yang kondusif memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki lingkungan keluarga yang tidak kondusif.
Orang tua sebagai orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, dari mulai balita, anak-anak hingga dewasa.
Namun, seiring bertambahnya usia anak dan ketika mereka memasuki jejang Pendidikan formal sebagian besar orang tua menganggap tugasnya mendidik anak sudah selesai dan dialihkan kepada guru di sekolah anak-anaknya. Dengan alasan anak sudah sekolah, dibimbing oleh guru yang profesioanl dalam mengajar, ataupun karena kesibukan orang tua dalam mencari nafkah.
Berdasarkan fenomena ini, perlu dilakukannya suatu evaluasi, dimana orang tua tidak bisa melepaskan tanggungjawab membimbing anaknya dalam belajar walaupun anak sudah sekolah. Pendampingan dari orang tua harus tetap dilakukan.
Peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan prestasi belajar anak. Orang tua hendaknya selalu memperhatikan prestasi anaknya di sekolah.
Jangan lupa bertanya tentang apa saja yang anaknya lakukan di sekolah, bagaimana dengan pelajaran-pelajarannya di sekolah, apakah menemui kesulitan atau tidak, dan lain-lain.
Tidak sedikit pula banyak kasus yang muncul bahwa keberhasilan belajar atau prestasi seorang anak juga sangat dipengaruhi oleh bimbingan orang tua.
Ketika orang tua senantiasa mengontrol proses kegiatan belajar anaknya, maka akan timbul di dalam diri anak tersebut sebuah motivasi positif yang dapat mendorong untuk rajin belajar.
Anak tersebut juga tidak akan merasa sendirian dalam menanggung beban pelajaran dan tugas sekolah karena disamping mereka selalu ada orang tua yang mendampingi mereka.
Peran orang tua sangat penting dalam pendidikan anak, baik di sekolah maupun dirumah. Mereka dapat memberikan dukungan emosional, mengajarkan nilai-nilai moral, dan mendorong kebiasaan belajar yang positif.
Di rumah, orang tua dapat menjadi model peran dan membantu anak dalam pembelajaran sehari-hari, sementara di Sekolah, kerjasama orang tua dengan guru dapat meningkatkan pengalaman pendidikan anak.
Ada beberapa factor yang menunjang peran orang tua terhadap pendidikan di sekolah maupun dirumah. Peran orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah dengan cara :
1) Terlibat secara aktif, ikut serta dalam kegiatan sekolah, seperti pertemuan orang tua-guru, acara sekolah, atau kegiatan Sukarela.
2) Mengawasi tugas dan pekerjaan rumah, memastikan anak menyelesaikan tugas dengan baik dan memberikan bantuan jika diperlukan.
3) Menciptakan lingkungan belajar di rumah, menyediakan ruangan yang tenang dan kondusif untuk belajar di rumah serta mendukung kebiasaan belajar yang positif.
4) Mendorong minat dan bakat, mendukung dan memotivasi anak untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya, baik dalam atau di luar kurikulum sekolah.
5) Berkomunikasi dengan guru, menjalin komunikasi yang baik dengan guru untuk memahami perkembangan anak dan mengatasi potensi masalah dengan cepat.
6) Menyediakan sumber daya pendidikan, menyediakan buku, materi belajar, atau sumber daya pendidikan lainnya untuk membantu anak belajar.
7) Mengajarkan nilai -nilai moral, membantu anak memahami nilai-nilai moral dan etika yang penting untuk sukses dalam pendidikan dan kehidupan.
Keberhasilan seorang peserta didik sering dipandang dengan keberhasilan yang berupa nilai-nilai yang diperoleh peserta didik dari hasil belajarnya.
Hal ini yang perlu dipahami oleh keluarga/orang tua dalam mensikapi tentang hasil belajar. Sesungguhnya hasil belajar bukanlah hal mutlak angka yang diperoleh oleh peserta didik dalam belajarnya. Namun perubahan konsep yang dimiliki oleh seseorang yang belajar atas perubahan perilaku dan capaian hasil yang diraih.(*)
Posting Komentar